SEJARAH DESA SONIT

                                             SEJARAH DESA SONIT

Desa Sonit adalah  sebuah  Desa  yang berpenduduk  889 jiwa dengan  189  Kepala Keluarga  berdasarkan Sensus Penduduk 2010 .Desa  Sonit berada di Pulau Sonit  Kecamatan Bokan Kepulauan  Kabupaten Banggai Laut, Propinsi   Sulawesi   Tengah.  Pulau  kecil  di  penghujung  Timur   Propinsi Sulawesi   Tengah   yang   berbatasan  dengan   Propinsi  Maluku  Utara  ini mempunyai  daya  tarik  tersendiri.  Pulau  Kecil  ini yang luasnya kurang le bih 90.000 km, mempunyai  sebuah  Teluk yang  indah  permai  terletak pa- da bagian Utara Pulau ini seluas kurang lebih 50 ha, merupakan sebuah tempat  Wisata Domestik  (kalau di kelola dengan baik ) yaitu GURUA.

Sepanjang penelitian orang yang peduli dengan Pulau ini,di  perkirakan Ratusan Tahun  yang silam,Pulau ini berasal dari onggokanTerumbu Karang yang  sudah mati. Terbukti dari  Tanah Pulau ini terdiri dari terumbu karang, bahkan kulit kerang masih ditemukan di tengah-tengah pulau ini.

Menurut Legenda, Pulau ini adalah tempat pertemuan  mengayau   antara   Suku Tobelo (Maluku)   dan  Suku Bulagi (Sulteng-Bangkep).  Bahkan Penulis sendiri, sekitar tahun 1960an, masih sempat menyaksikan tengkorak Manusia di dalam Gua Batu Ujung Utara   Pulau ini.  Pulau  kecil ini sering kali terjadi  perubahan bentuk apabila terjadi perubahan musim  pada  setiap Tahun, yaitu  ABRASI PANTAI  karena  ombaknya  yang  besar. Pulau   ini  sangat kaya dengan hasil laut.Sayangnya pengolaanya masih tradisional. Perlu  perhatian yang serius  Pemda   agar pengembangan Potensi Sumber Daya  dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari hasil laut bisa maksimal.

Menurut penuturan Pelaku Sejarah  (Hi.MOH.SAID,Alm), bahwa dari awalnya, Pulau kecil ini tidak berpenghuni , bahkan  sangat  angker. Namun pada tahun 1918, sekelompok  Keluarga  Suku  Makassar  (Kodengngareng) yang bernama  DAENG SITABA bersama  Hi.MOH.TAHER (mertua)  dan Hi.MOH.SAID dapat menaklukkan angkernya Pulau ini. Mereka  bermukim di bagian utara pulau ini dan merambah hutan untuk di tanami pohon  Kelapa. Dari tahun  ke tahun  setelah keluarga DAENG SITABA penghuni pulau ini, berdatanganlah orang-orang timur (Maluku) dan dari barat (Banggai-Kalumbatang) sehingga terbentuklah sebuah kampong kecil yang  di  namakan kampong  MASONI  dengan DAENG SITABA selaku Punggawa atau  Kepala Jaga (Kapala Dusun) istilah sekarang.

Setelah tahun 1951 Kerajaan Banggai  (Jogugu)  menetapkan Kampung  Masoni  sebagai anak Kampung dari Desa Timpaus dengan Nama Timpaus Laut, dan di Kepalai oleh seorang Kepala Jaga yaitu KACO Dg. MATTILE, keturunan Mandar  (Sulawesi Barat).Pada tahun 1956,SUBA TENGANG  asal Desa Kalumbatang menjadi Kepala Jaga sementara sampai tahun 1958 (2 tahun) dan Kepala Jaga  Defenitif  kebali lagi kepada   KACO   DG. MATTILE.

Pada tahun 1964,Kepala Wilayah Kecamatan Lo Bangkurung, ABDUL MANAN IDRIS,BA,meresmikan  Kampung MASONI lepas dari  kampung Timpaus dan berganti nama manjadi Kampung SONIT dengan mengukuhkan  kembali  KACO  DG. MATTILE  sebagai  Kepala Kampung,dan HAMZAH  DARISAH  sebagai  Juru Tulis Kampung.

Pada tahun 1971, TAMIN  KAKKA  ( Cucu Daeng Sitaba) menjadi Pejabat Sementara Kepala Kampung SONIT sampai tahun 1973.Pada pemi- lihan   Kepala Kampung  SONIT  yaitu  tahun 1973,  YAHYA  M. DUNDE terpilih menjadi Kepala Kampung   SONIT  sampai  tahun  1979.  YAHYA M.DUNDE  adalah suami dari  Cucu  Dg  Sitaba.

Tahun 1979-1980 ,  MAMMA   TANGGE   asal  Desa Kalumbatang Sebagai  Kepala  Jaga  bertindak sebagai  Kepala  Kampung  karena  Kepala Kampung  YAHYA  M.  DUNDE  menyatakan diri Nonaktif.

Tahun 1980,  JAFAR BACO  asal  Maluku  selaku Pjs Kepala Kampung SONIT yang di tunjuk langsung oleh Kepala Wilayah  Kecamatan Lo, Bangkurung  IMRAN  IYENG,BA,  yang menjabat sampai tahun 1982.Pada Pemilihan Kepala Desa  tahun 1982, RUSTAM  KAKKA  (Cucu Dg Sitaba) terpilih  sebagai  Kepala Desa  SONIT  yang  defenitif. Pada   Pemerintahan  RUSTAM  KAKKA inilah nama  SONIT berubah menjadi  DESA SONIT.

Tahun 1992 pada Pemilihan Kepala Desa , RUSTAM  KAKKA  ter- pilih  untuk  kedua  kalinya sampai tahun  2003. BURHAN  MUHDIN  asal Maluku terpilih sebagai Pejabat Sementara Kepala Desa Sonit sampai tahun 2006.

Pada Pemilihan Kepala Desa Sonit  tahun  2006 ,  ZAINUDDIN. B. MADJIDA,  asal  Desa  Kasuari   terpilih  sebagai  Kepala  Desa Sonit  dan ELSAN  J. DUNDE (Cucu Dg Sitaba)  sebagai  Sekretaris  Desa sampai se- karang.

Berangkat dari sejarah di atas,dapat disimpulkan bahwa yang menjadi penghuni pertama Pulau SONIT adalah Keluarga DAENG SITABA  yaitu  menantu MOH  TAHER dan istri  Hi.MOH.  SAID. Yang menurunkan Pemimpin-pemimpin Desa ini pada Priode 1970an  sampai sekarang.Yang Menjadi Kepala Jaga pertama  (Punggawa) adalah DAENG MATTILE  (Mandar-Sulawesi Barat) tahun 1951.

Pemerintah Kecamatan dengan status  Labobo  Bangkurung sejak tahun 1951 adalah salah satu Distrik yang bernaung di bawah kendali Pemerintahan  JOGUGU BANGGAI  (Kerajaan Banggai).Status Kampung Masoni (SONIT) pada awal berdirinya distrik Labobo Bangkurung tahun  1951 adalah  Sub Desa Timpaus dengan nama Timpaus Laut  yang masuk dalam Kepala Distrik Bawahan Bokan yang dipimpin oleh  Bapak   M . DULUMINA asal Mansalean sebagai KADIB (Camat Pembantu) dari distrik Lo Bangku-

rung.

Dari dua belas kali perubahan Pemerintahan Desa Sonit, 30 tahun lebih  di pegang oleh  Daeng Sitaba asal Kodengngareng (Makassar) dan keturunannya yaitu empat Pemimpin Pemerintahan.Empat Pemimpin Pemerintahan lamanya di pegang oleh orang yang berasal dari Sulawesi  22 tahun.Dua Pemimpin lainnya sebagai Pjs selama 5 tahun asal Maluku.

Memperhatikan data  Historis  dan  di  dukung  dengan fakta Yuridis Sebagaimana Surat Dirjen Dalam Negeri tertanggal 05 Pebruari 2010 ,maka Pulau Masoni (SONIT) dengan Desanya, adalah milik Propinsi Sulawesi Tengah  yang  masuk dalam  wilayah  Kabupaten    Banggai  Laut   Kecamatan Bokan Kepulauan.

Berdasarkan  Sejarah dan Surat Dirjen Dalam Negeri Republik Indonesia, bahwa Pulau SONIT masuk dalam wilayah Propinsi Sulawesi Tengah dan bagian dari NKRI adalah sebuah kebenaran yang tidak terbantahkan.

Berikut ini susunan Pemerintahan Desa Sonit tahun 1951-sekarang

NO N  A  M  A JABATAN PRIODE
1.   KACO  DG. MATTILE KEPALA  JAGA 1951-1955
2. SUBA  TENGANG KEPALA  JAGA   1955-1958
3. KACO  DG  MATTILE KEPALA  JAGA   1958-1970
4. TAMIN  KAKKA KEPALA  KAMPUNG   1970-1973
5. YAHYA  M.  DUNDE KEPALA  KAMPUNG   1973-1979
6. MAMMA  TANGGE Pjs   1979-1980
7. JAFAR  BACO Pjs   1980-1982
8. RUSTAM  KAKKA KEPALA  DESA   1982-2003
9. BURHAN  MUHDIN Pjs   2003-2006
10. ZAINUDDIN  B.MADJIDA KEPALA DESA   2006-2012
  11.   Hi. ARDIANTO    AGUSSALIM   KEPALA DESA   2012-2018  
12 ELSAN J. DUNDE Pj. Kepala Desa 10 Sep 2018 s/d Sekarang

Sumber  :  Yahya .M.  Dunde  (salah satu Pelaku Sejarah)